Jumat, 10 Juni 2016

#100616FreeWritings

Maersk Line, perusahaan pelayaran dalam pengangkutan peti kemas yang terbesar didunia. Disamping mengoperasikan perusahaan pelayaran Maersk Line, A.P. Moller pemilik Maersk Line juga mengoperasikan terminal dipelabuhan-pelabuhan, usaha pengangkutan Ferry dan Kapal Tanker, pengeboran terapung dilautan lepas dan pantai, usaha dalam memberikan jasa pengiriman barang dan supply ke dan dari “Bor Terapung” ini.
digambar yang saya lihat yaitu gambar air dan rel,jadi bisa dibayangkan bahwa itu adalah kereta api dan laut(see train) atau moda kereta api dan laut. See train pertama kali diterapkan di negara amerika dengan penggabungan moda transportasi dengan menggunakan kereta api lalu berpindah ke bagian laut untuk memperlancar pengiriman barang keluar kota/negri.

Penggabungan moda ini dilakukan jika ingin mengirim barang melalui laut dari suatu negara ke negara lainnya yang jikamana pengiriman tersebut tidak bisa lagi melalui laut maka akan dipindahkan ke darat.Indonesia sebagai Negara kepulauan sudah selayaknya memanfaatkan jalur laut untuk pengembangan jaringan transportasi logistic nasional, yang mampu mendistribusikan barang hasil produk local untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal juga.Jadi inti dari gambar tersebut adalah suatu multimodal transportasi yang mana memerlukan /menggunakan moda darat dan laut untuk suatu pengiriman luar kota/negri yang melibatkan kereta api dan kapal laut.


Menurut teori yang dijelaskan di kuum(kuliah umum) terdapat 2 teori yang dipelajari yang menyangkut tentang ini,yaitu MLB(Mini Land Bridge)yaitu adalah pergerakan containeer yang disertai dengan tanda bukti terima barang yg dilakukan oleh pengirim dan pembeli,yang ke 2 yaitu IPI(Interior Point Multimodal)yaitu proses fisik pengangkutan barang/kargo yg melalui daratan dari laut darat/laut-darat-laut. Contohnya yaitu dari negara amerika ke belanda melalui kapal tetapi itu harus berhenti karna tdk ada pelabuhan maka hrs pake jalur darat nah ituu lah yg dinamakan IPI kemudian dilanjutkan lg dengan moda laut. beda lagi dengan MLB,kalau MLB langsung memakai satu jasa contohnya dari amerika ke belanda memakai jasa transportasi darat atau kereta api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar